Cara Membuka File ISO ♥ Abenk Home

Wednesday, March 7, 2012

Home » , , , » Cara Membuka File ISO

Cara Membuka File ISO

Saya yakin bahwa kamu pernah melihat atau bahkan memakai file berektensi .ISO, atau justru kamu pernah ingin membuatnya tapi bingung file apa sih ini. File ISO merupakan sebuah file arsip atau image dari sebuah disk optik (bisa CD atau DVD) yang terkompresi seperti halnya file ZIP atau RAR yang masih berupa data mentah dan ketika kamu ektrak maka didalam file ISO ini terdapat beberapa file atau folder. Selain file data, juga berisi semua
metadata dari file sistem yang digunakan (seperti misalnya: NTFS atau FAT 32), termasuk kode boot, struktur, dan atribut. Semua informasi ini terkandung dalam satu file. ISO bukan multi-track format gambar sehingga tidak dapat digunakan untuk Audio CD.
Biasanya file-file ISO berguna untuk membuat backup dan atau berbagi file berukuran besar dengan orang lain. Pada dasarnya ada dua cara untuk menangani file-file ISO agar dapat melihat atau menggunakan isinya. Yang pertama adalah hanya untuk membakar ISO image file ke disc (CD / DVD) dan kemudian menggunakan CD normal. Cara lain adalah dengan menggunakan aplikasi yang membuat seolah-olah PC  membakar File ISO ke dalam CD/DVD drive.


Langkah-langkah Membuka File ISO / Mount IMAGE ISO
  • Pertama anda harus memiliki software PowerISO atau UltraISO, disini saya menggunakan PowerISO.
  • Berikutnya Siapkan file ISO yang akan di mount, jika filenya masih dalam 1 file rar atau beberapa part file rar maka silahkan anda ekstrak dahulu, File ISO sendiri memiliki Icon Seperti kertas putih ( akan terlihat begitu kalau di PC anda belum terinstall software burning ) dan kalau sudah terinstall maka iconnya akan berbentuk seperti Disc CD.
  • Geser kursor ke file ISO yang akan di mount kemudian klik kanan mouse dan pilih Mount Image to Drive. ( lihat pada gambar di bawah ). 
  • Selanjutnya kita akan di hadapkan pada tab baru, yang berisi file-file dari Image ISO yang kita mount tadi. Contoh file ISO yang saya gunakan di sini adalah Game MOTO GP 3. ( lihat pada gambar di bawah )

  • Kini tinggal jalankan setup gamenya dan install seperti install program biasa.
  • Selesai


Tags: Cara Membuka File ISO

0 Ocehan: